Yuk, Saatnya Maksimalkan Komunikasi di Era Digital

Yuk, Saatnya Maksimalkan Komunikasi di Era Digital

Yuk, Saatnya Maksimalkan Komunikasi di Era Digital

Komunikasi? Semua makhluk di dunia pasti pernah berkomunikasi. Terlebih, kita sebagai manusia tentu melakukan komunikasi. Komunikasi memang menjadi primadona bahkan tanpa adanya komunikasi membuat kita menjadi manusia yang “begitu-begitu” saja. Lantas, apa itu komunikasi? Komunikasi itu berasal dari kata “communis” yang artinya membangun kebersamaan antara dua orang atau lebih. Saat kita berkunjung ke tempat makan sekelas Mcdonalds kemudian kita melihat senyum yang membara dari pelayannya, itu komunikasi. Berpapasan dengan teman sejawat sembari melambaikan tangan, itu juga komunikasi. Jadi dapat dikatakan Komunikasi adalah sebuah proses interaksi yang terjadi yang menghasilkan persamaan makna sehingga tujuan pun tercapai. Para pelayan di hotel tersenyum memberikan makna adanya keramahtamahan yang dihadirkan oleh hotel tersebut. Ya, se sederhana itu, bukan?

Sebagai manusia yang saat ini kita hidup di era 4.0, katanya atau bahkan dunia yang serba canggih (saking canggihnya kita bisa pesan makanan saat ini sembari berbaring di tempat tidur atau bahkan tanpa mengganggu aktivitas-aktivitas rutin kita). Komunikasi di era digital identic dengan bagaimana pesan yang kita berikan lewat media-media yang eksis saat ini, ya betul sekali contohnya adalah media sosial.

Pasti sahabat digital dan kawan bicara semuanya sudah akrab dengan Whatssapp atau bahkan Instagram? Ini salah satu bukti nyata bahwa di era digital komunikasi serba mudah. Terlebih, saat ini Indonesia menempati urutan ke-5 sebagai negara dengan jumlah pengguna internet terbesar di dunia setelah China, India, Amerika Serikat, dan Brasil. Tingkat penetrasi internet di Indonesia hingga Maret 2017 mencapai 50,4 persen, meningkat drastis dari tahun 2016 yang tercatat 34,1 persen ( sindonews.com).

Baca juga : Modernisasi IT di Era Digital

Sebagai manusia Millennial, kita harus bisa memaksimalkan komunikasi di media sosial agar orang lain mengetahui siapa kita bahkan juga bisa meningkatkan eksistensi kita di era digital ini. Contohnya, keberadaan selebgram yang saat ini menjadi profesi yang sangat diminati. Selain menaikkan citra diri, ternyata juga bisa mendatangkan profit. Menarik ya ,Sahabat Digital dan Kawan Bicara.

Kedua, tentunya buat kamu yang saat ini bekerja di perusahaan, jika kamu memaksimalkan komunikasi dengan merespons secara cepat (misal: whatssapp) kamu akan disenangi oleh atasanmu. Eits, jangan lupa kalau berkomunikasi dengan siapa pun harus ada klarifikasi pesan juga yang biar tidak ada kesalahpahaman diantara kamu dan atasanmu.

Ketiga, komunikasi secara maksimal juga bisa ditandai dengan adanya keterbukaan informasi. Jadi, kalau kamu di kampus, tempat kerja, atau di tempat umum lainnya biasakan untuk terbuka ya. Jangan ada yang dipendam-pendam. Contohnya kalau ada pertanyaan dari klien cepat direspons. Hal ini membantu kamu untuk menjadi pribadi yang disenangi begitupun juga dengan perusahaanmu.

Jadi, mulai dari sekarang tidak ada lagi alasan untuk tidak berkomunikasi. Di era digital semuanya sudah mudah,cepat, dan serba transparan. Untuk lebih memaksimalkan cara komunikasi mu agar disenangi oleh banyak orang, Talkactive.id dan Digitalfinger.id juga siap membantu kamu lho. Kamu bisa ikuti kelas Public Speaking CCP Method di talkactive.id atau langsung berkonsultasi dengan Digitalfinger.id untuk eksekusi ide branding kamu ataupun perusahaan kamu. Talkactive.id sangat mengerti tentang dunia komunikasimu sedangkan Digitalfinger.id peduli akan digital branding yang akan kamu ciptakan sendiri tentunya. Yuk kolaborasi!

Penulis: Ferik Trianda

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *