Bagaimana Cara Mempromosikan Blog Anda di Tahun 2018? 18 Taktik untuk Meningkatkan Traffic Lewat Facebook [Bagian 1]
Mempromosikan artikel blog di Facebook adalah salah satu cara termudah dan paling efisien untuk mendorong dan menaikan vistor di situs web Anda.
Namun, ada perbedaan besar antara traffic Facebook yang baik dan traffic Facebook yang kurang baik.
Jadi, postinglah artikel blog di halaman Facebook dan setting promosi $50. Anda harus mengkonversi seberapa banyak audiens yang melihat postingan promosi agar menjadi prospek yang tinggi.
Jika tidak, orang hanya akan mengklik iklan Facebook Anda, mengunjungi blog Anda sekali, dan kemudian meninggalkan dari blog anda.
Itu hubungan yang akan dihindari oleh para blogger, bukan?
Apa yang dapat Anda lakukan secara berbeda untuk mendapatkan hasil yang baik dari promo blog Facebook Anda?
Di artikel ini, Anda akan menemukan jawaban atas tiga pertanyaan utama bagi para content marketers dan Facebook advertisers:
- Bagaimana cara mengiklankan blog melalui Facebook dengan cara yang paling efisien?
- Bagaimana cara memastikan bahwa orang-orang akan mengklik posting yang Anda promosikan?
- Bagaimana mengubah prospek dingin menjadi email subscribers, dan akhirnya, klien anda?
Praktik terbaik dalam artikel ini didasarkan pada pengalaman pribadi dalam mempromosikan beberapa blog di Facebook (termasuk blog yang Anda baca). Setelah lebih dari 2 juta tayangan postingan iklan dan 100+ promo blog Facebook, berikut ini adalah kunci yang dapat anda lakukan.
1. Aturan Utama Promosi Blog: Selalu Bagikan Konten Anda di Facebook
Setiap kali Anda mempublikasikan artikel blog, infografis, atau guide release, luangkan 10 menit untuk mempostingnya di Halaman Facebook Anda.
Ini bermanfaat dalam banyak hal:
- Anda akan terus followers update tentang konten terbaru
- Artikel Anda akan menjangkau orang-orang baru yang mungkin menjadi followers anda
- Memposting secara teratur menunjukkan Anda aktif dan lebih dapat dipercaya
- Artikel baru Anda akan mendapatkan dorongan yang perlu dibaca dan dibagikan di seluruh web
- Anda dapat menawarkan peluang guest blogging dari blog teratas.
10 menit waktu yang berarti bagi Anda. Meskipun Anda tidak memiliki banyak followers di halaman Facebook, namun menjadi wajib untuk membagikan postingan Anda.
Pada awalnya, postingan Anda mungkin secara organik hanya mengumpulkan 1-2 likes (salah satunya berasal dari diri Anda sendiri), tapi itu bagus. Anda akan menumbuhkan followers Anda nantinya.
2. Bagikan Artikel Blog Anda sebagai Postingan Facebook
Cara termudah untuk membagikan artikel blog Anda di Facebook adalah dengan copy-paste tautan artikel ke dalam kotak publish di halaman Facebook Anda.
Saat Anda memasukkan tautan, Facebook akan menambahkan gambar, judul, dan deskripsi tautan. Anda dapat mengedit ini atau menggunakan salinan default. Anda juga perlu menulis caption menarik untuk posting Anda.
Perlu diperhatikan bahwa Anda perlu mengunjungi halaman Business Manager saat menerbitkan sesuatu di halaman Facebook Anda. Jika tidak, postingan tidak akan dipublikasikan dengan nama web Anda.
Tip: Anda dapat membookmark tampilan Business Manager dari halaman Facebook Anda untuk akses cepat.
3. Tetapkan Target Pemirsa yang Tepat
Baru-baru ini, Facebook mengizinkan pengiklan mengoptimalkan siapa yang akan melihat posting Facebook mereka.
Anda dapat menginformasikan Facebook yang merupakan audiens yang tepat untuk jangkauan organik postingan Anda. (Dan Anda mungkin tidak tahu adanya fitur Pengoptimalan Audiens Facebook!)
Begini cara kerjanya.
Saat menambahkan posting baru ke halaman Facebook Anda, klik ikon kecil berbentuk target untuk memilih target audiens yang Anda harapkan.
Setelah Anda mengklik ikon, jendela pop-up baru akan muncul di mana Anda dapat mengoptimalkan audiens target posting Anda berdasarkan minat mereka. Fungsinya adalah untuk menyipan daftar audiens di facebook.
Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah menetapkan batasan audiens untuk memberi tahu Facebook yang diizinkan atau tidak diizinkan melihat postingan Anda. Misalnya, Anda dapat mengatur usia, bahasa, dan lokasi untuk menargetkan orang-orang tertentu dengan setiap posting Facebook.
Cara mengaktifkan Optimasi Audiens Otomatis
Penting: Jika halaman Facebook Anda memiliki kurang dari 5.000 followers, Anda mungkin perlu mengaktifkannya secara manual. Cukup klik tab \”Settings\” di sudut kanan atas halaman Facebook Anda. Dari tab \”General\”, Anda akan melihat deretan untuk \”Audience Optimization for Posts..\”
Klik \”Edit\” dan centang kotak untuk mengaktifkan Pengoptimalan Audiens. Kemudian, tekan tombol \”Save Changes\”.
Setiap kali Anda mempublikasikan posting baru Facebook, biarkan algoritme tahu siapa yang Anda targetkan (atau dengan kata lain, siapa yang akan menemukan posting Facebook Anda yang relevan dan menarik).
Menjangkau audiens tepat perlu melakukan dua hal:
- Postingan Anda memiliki relevansi yang lebih tinggi sehingga Facebook akan mendistribusikan ke lebih banyak orang.
- Ketika orang menemukan posting Facebook Anda yang relevan, mereka akan suka / membagikannya dan menjangkau lebih banyak orang.
4. Tulis Judul yang Menarik Untuk Promosi Blog
Meskipun desain iklan Facebook Anda menarik perhatian orang, biasanya sebuah judul membuat audiens memutuskan apakah akan mengeklik atau tidak pada postingan Anda.
Jadi bagaimana Anda bisa menulis judul yang bagus untuk promosi blog Anda untuk dibagikan ke Facebook?
Berikut ini beberapa saran untuk menulis judul posting Facebook yang bagus:
- Gunakan angka – Dengan memulai headline Anda dengan angka, 36% lebih cenderung membuat orang mengklik iklan Anda.
- Gunakan kata-kata yang tidak biasa – Selalu coba temukan kata-kata yang menarik, misalnya \”Luar biasa,\” \”utama,\” atau \”penting\”.
- Singkatnya – Sebuah studi Outbrain menemukan bahwa judul dengan 60-100 karakter menghasilkan rasio klik-penayangan tertinggi.
- Jika Anda tidak yakin apakah judul anda menarik, cobalah alat Penganalisis Headline oleh CoSchedule
5. Tulis Pengantar yang Menarik
Banyak orang yang mengklik postingan Facebook Anda berdasarkan gambar dan judul saja.
Selain itu, perangkat yang digunakan orang ketika melihat posting Facebook Anda melalui handphone.
Semua hal dipertimbangkan, Anda harus selalu memastikan bahwa semua bagian dari postingan yang dipromosikan adalah yang menarik bagi audiens.
Di Desktop, orang akan menilai posting Anda berdasarkan informasi utama. Pada handphone, teks gambar yang paling menarik perhatian.
Setiap kali menulis untuk berbagi artikel blog di Facebook, ikuti aturan berikut:
- Kalimat pertama harus menarik perhatian semua orang – Anda dapat memasukkan pertanyaan untuk meningkatkan interaksi.
- Teks Anda harus menunjukkan beberapa personality – jagalah agar tetap selaras saat Anda menulis kepada teman.
6. Gunakan Simbol dan Emoji untuk Perhatian Ekstra
Cara lain yang mudah untuk mempercantik 🌶 postingan Facebook Anda adalah memasukkan simbol dan emoji.
Contoh:
Pernah menjalankan tes iklan A/B dengan SaaS startup Scoro untuk menguji apakah emoji berpengaruh pada klik-tayangan.
Iklan dengan emoji di judul memiliki rasio klik-tayang lebih tinggi 241% daripada iklan tanpa emoji.
Meskipun perbedaan hingga 241% tidak biasa, Anda masih dapat menggunakan emoji dan symbol untuk membuat menarik postingan Anda.
Step selanjutnya akan dibahas pada artikel Part 2 yaaaa……