content marketing

3 Tips Content Marketing untuk Bisnis Anda

Pemasaran konten harus menjadi salah satu panah dalam gemetar layanan pemasaran Anda. Pemasaran konten telah menjadi komponen utama dunia pemasaran. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Content Marketing Institute, 88% marketer telah menambahkan content marketing ke planning mereka.

Tapi, apa sebenarnya content marketing, dan bagaimana Anda bisa menggunakannya untuk memasarkan layanan Anda secara online?

Pemasaran konten adalah jenis pemasaran yang melibatkan pembuatan dan berbagi materi online seperti video, blog, artikel, dan posting media sosial. Ini berbeda dari jenis pemasaran lainnya, seperti direct response dan brand marketing, karena tidak secara langsung mempromosikan brand tetapi dimaksudkan untuk mengarahkan minat pada produk atau layanan dengan membuat konten yang informatif dan bermanfaat paling utama adalah dapat memecahkan masalah para klien.

Konten ini dapat mencakup artikel blog, posting media sosial, white papers, studi kasus, video, infografis dan banyak lagi.

Mengapa konten marketing sangat efektif untuk meningkatkan penjualan brand anda secara online? Karena pemasaran konten:

  • Menceritakan sebuah cerita. Dalam content pemasaran, bercerita adalah menjual. Dalam hal ini, Anda menceritakan brand Anda dengan cara yang autentik dan dapat menjawab pertanyaan para target audience dan meyakinkan mereka bahwa brand Anda merupakan solusi bagi para target audience
  • Membangun reputasi. Ketika orang-orang me-respon secara positif konten Anda, percayalah pada Anda dan brand. Seiring waktu, orang-orang mulai melihat Anda sebagai orang yang ahli dalam bidang Anda.
  • Menciptakan engagement. Menariknya adalah dapat melibatkan audience dalam content marketing. Ketika seseorang menanggapi pertanyaan yang Anda ajukan di Twitter, membalas posting blog Anda atau menjawab pertanyaan yang dikirim melalui email, calon pelanggan telah membuat keputusan untuk menghubungi Anda. Ini menjadi kesempatan untuk memperdalam hubungan Anda dengan audiens.

Mari kita lihat beberapa cara Anda dapat menggunakan pemasaran konten di situs web Anda untuk mengembangkan bisnis dan layanan Anda.

Konten yang Dapat Memecahkan Masalah

Content Marketing memerlukan sentuhan yang lebih lembut daripada bentuk pemasaran lainnya. Anda masih dapat menjual, tetapi ada pesan bermanfaat yang harus Anda sampaikan. Dan membuat klien anda memilih layanan Anda?

Karena mereka memiliki masalah yang hanya bisa Anda pecahkan. Anda bukan penyedia layanan X, Y, atau Z; Anda adalah pemecah masalah.

Pikirkan tentang masalah yang Anda selesaikan dengan layanan yang Anda tawarkan, dan buat konten yang dapat menyelesaikan masalah tersebut. Ini menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang expert di bidang tersebut.

Pemasaran konten adalah viral marketing

Pemasaran konten sebagian besar adalah tentang berbagi. Buat konten yang bermanfaat, menarik, dan informatif yang ingin dibagikan kepada audience. Tulisan blog yang ditulis dengan baik, infografis yang menarik, dan video yang dapat memecahkan masalah para pengunjung situs web.

Jangan lupa minta pengunjung Anda untuk berbagi konten dengan teman-teman mereka, dan buatlah mudah untuk melakukannya dengan memasukkan tombol berbagi untuk situs-situs seperti Facebook dan Twitter. Dengan cara ini, pesan marketing Anda akan terdistribusi yang jauh lebih luas di luar target audience anda.

Konten lebih dari sekadar kata-kata tertulis

Orang-orang membagikan konten yang berharga dengan teman dan kolega dengan lebih mudah. Jadi konten adalah jenis pemasaran yang sangat viral lebih sering daripada hard selling.

Tidak semua konten harus berupa artikel, buku atau posting blog. Jika Anda memiliki sarana dan pengetahuan teknis, Anda juga dapat membuat video dengan cara melakukan, menyelenggarakan podcast, melakukan webinar, atau membuat infografis yang dapat menunjukan keahlian Anda.

Memposting konten yang dinamis seperti ini tidak hanya akan membuat situs web Anda menarik dengan meningkatkan kunjungan di web anda. Bahkan, konten visual 40 kali lebih mungkin untuk dibagikan di media sosial daripada jenis konten lain, menurut social media management firm Buffer. Dan infografis secara aktif dibagikan oleh pengguna di media sosial.

Referensi:
wikipedia.org

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *