Setelah membahas 6 taktik pertama untuk meningkatkan traffic web melalui promosi di Facebook, sekarang saatnya membahas taktik selanjutnya yang harus dilakukan para marketer untuk meningkatkan traffic web. Yuk, simak ada apa aja ya taktiknya…

  1. Buat Desain Posting Facebook yang Baik

Saat Anda mempublikasikan artikel di blog Anda, anda pasti memiliki gambar terbaik sesuai dengan topik artikelnya. Namun, mesti diingat bahwa terkadang ukuran gambar yang akan diposting tidak sesuai dengan spesifikasi Facebook.

Untuk itu anda wajib mengubah ukuran gambar di postingan blog anda agar sesudai dengan spesifikasi facebook.

Berikut adalah panduan untuk menyisipkan link Facebook:

  • Ukuran gambar: 1200px X 628px
  • Rasio gambar: 1,91: 1
  • Teks dalam gambar: kurang dari 20%

Jika menggunakan WordPress untuk mengelola blog Anda, Anda dapat menggunakan plugin Yoast SEO untuk mengoptimalkan pengaturan semua media sosial dan mengubah gambar.

Optimalkan salinan dan gambar media sosial Anda

Namun, ada satu saran penting yang harus Anda ketahui …!

  1. Hindari Foto Stok Biasa untuk mempromosikan blog Anda

Jika menggunakan stock foto gratis sebagai gambar blog, Anda kehilangan kesempatan.

Pikirkanlah … Anda menghabiskan 10 jam lebih untuk menyusun posting Facebook yang sempurna dan kemudian Anda akan mengilustrasikannya dengan foto stok gratis dan membosankan karena sama dengan yang digunakan orang lain. Ini bukan ide yang bagus.

Sebagai gantinya, cobalah untuk specific brand language tertentu untuk membagikan artikel blog Anda di Facebook.

Misalnya, Anda dapat menggunakan hamparan gambar berwarna seperti Holini dan KlientBoost.

These are good examples

Atau jika Anda suka mendesain gambar blog Anda sendiri, Anda bisa mengambil cara yang lebih original seperti BuzzSumo dan AdEspresso.

Karena sering menggunakan design yang original, orang akan terbiasa melihat postingan Anda di news feed dan folowers andaakan lebih mudah untuk dikenali.

  1. Uji Postingan Gambar vs. Link Post

Hal yang harus anda perhatikan adalah tidak semua posting yang dipromosikan oleh Facebook memiliki judul dan link deskripsi.

Misalnya, bandingkan dua posting Facebook ini dengan Buffer:

Link post vs. image post

Postingan di sebelah kiri adalah postingan link gambar di sebelah kanan adalah postingan gambar.

  1. Posting tautan

Gambar di sebelah kiri adalah link post yang dapat Anda buat dengan Copy paste URL artikel blog Anda ke dalam kotak pos baru Facebook.

PRO’S: Saat orang mengeklik link post tersebut, mereka akan dibawa ke landing page. Jadi seluruh posting Facebook Anda akan dapat diklik.

CON’S: link post biasanya berada di news feed, dengan ukuran gambar selalu 1200px x 628px.

  1. Posting gambar

Gambar di sebelah kanan adalah posting gambar yang terdiri dari gambar dan teks.

PROS: Posting gambar yang dilampirkan pada newsfeed, gambar yang menarik mendapat lebih banyak perhatian. Beberapa merek, seperti The Dots, bahkan menggunakan posting gambar sebagai iklan Facebook.

CONS: Saat orang mengklik gambar di Facebook, tidak akan membawa mereka mengunjungi situs web Anda. Satu-satunya cara bagi orang untuk mencapai URL Anda adalah dengan melampirkan link URL.

Mana yang harus Anda gunakan: posting tautan atau posting gambar?

Biasanya, memposting gambar dengan benar dan membagikan gambar tersebut dengan menargetkan audiens. Hal tersebut akan meningkatkan brand awareness campaigns anda.

Jika tujuan Anda adalah meningkatkan jumlah visitor ke blog Anda, maka bagikan artikel blog Anda sebagai posting tautan. Format ini juga berfungsi dengan baik untuk iklan Instagram.

Kiat pro: Gunakan tautan yang disingkat di pos gambar Anda, untuk menjaga kerapihan teks Anda. Referensi yang bisa anda gunakan untuk dapat penyingkat link bitly.com

  1. Uji Carousel dan Posting Slideshow

Ingin tahu rahasia yang tidak diketahui oleh para marketers Facebook?

(Ini akan mengubah feed halaman Facebook Anda selamanya)

Ok, ini dia …

Anda juga dapat membuat format carousel dan slideshow posting Facebook. Akan terlihat seperti iklan carousel dan slideshow, hanya Anda yang dapat mempublikasikannya ke halaman Facebook Anda.

Cukup klik pada ikon “Bagikan foto atau video”.

Create a carousel post

Saat membuat postingan carousel, Anda dapat menampilkan hingga 10 gambar dari situs web Anda dalam satu pos.

Cukup masukkan URL blog Anda, dan Facebook memperisilahkan Anda memilih gambar yang akan dimasukkan.

  1. Mintalah Dukungan Tim Anda

Setelah mempublikasikan artikel blog Anda di Facebook, Anda bisa bernapas lega dan bersantai.

Yang lebih penting dari ketika mem-publish postingan adalah bagaimana Anda akan mendistribusikan postingan dari Facebook Anda.

Hal pertama yang harus dilakukan tepat setelah Anda mempublikasikan posting Facebook adalah meminta anggota tim Anda untuk menyukai dan membagikannya.

Cukup posting tautan ke posting Facebook Anda ke dalam obrolan grup atau grup lain dengan kolega Anda.

Begitulah cara Anda mendapatkan 10-20 “Likes” dan meningkatkan jangkauan organik postingan Facebook.

  1. Promosikan Posting Blog Anda di Facebook

Langkah berikutnya (setelah Anda mendapat dukungan dari anggota tim Anda) adalah mendapatkan tanggapan positif dari followers dan pelanggan Anda.

Hal yang menyedihkan tentang posting Facebook adalah bahwa mereka tidak pernah menjangkau page fans organically. Bahkan, Engineering Director Facebook Lars Backstrom telah memperingatkan bahwa jangkauan organik semakin rendah.

Pada tahun 2014, [email protected] menemukan bahwa jangkauan organik untuk halaman dengan lebih dari 500 ribu penggemar turun 2%. Untuk laman dengan kurang dari 500 ribu penggemar, jangkauan organik turun menjadi 6%.

Tahun lalu, Pemasaran Land melaporkan traffic organik Facebook turun 52% untuk publishers.

Semua nomor dan statistik dipertimbangkan, Anda harus mempromosikan postingan Facebook Anda jika Anda ingin menjangkau lebih dari 100 atau 1.000 orang.

Taktik selanjutnya kita bahas dibagian ketiga yaa…

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu