Aplikasi Interaktif

Aplikasi Interaktif untuk Kerja Dari Rumah

Tidak terasa sudah hampir sebulan beberapa jenis kegiatan kerja diterapkan di rumah saja (work from home) sejak 16 Maret lalu akibat wabah Covid-19. Hal ini menciptakan budaya komunikasi interaktif jarak jauh saat menjalankan kewajiban kerja.

Para karyawan harus tetap bisa terhubung satu sama lain, dengan menggunakan aplikasi yang mumpuni bisa membantu mereka tetap dapat berkomunikasi untuk menunjang kegiatan di rumah.

Biasanya, aplikasi yang paling banyak digunakan oleh karyawan saat rapat atau meeting online adalah Zoom. Zoom adalah aplikasi yang bisa dugunakan untuk menggelar “video conference”.

Zoom sangat cocok untuk perusahaan yang ingin melakukan kerja dari rumah karena jumlah maksimal pengguna dapat mencapai 1.000 orang. Selain itu, fitur unik dari zoom adalah bisa mengganti latar belakang saat melakukan “video conference”. Sangat unik ya?

Salah satu kelemahan zoom adalah semakin banyak pengguna (user) yang ikut namun tanpa disokong sinyal yang stabil akan membuat aplikasi ini tidak efektif bekerja.

Lalu, apa ada aplikasi lain selain zoom yang bisa dijadikan alternatif? Berikut adalah enam contoh aplikasi interaktif yang bisa menunjang kamu bekerja di rumah!

1. Google Classroom

Google Classroom - Aplikasi Interaktif

Perusahaan mesin pencari terbesar di dunia, Google, terus mengeluarkan beberapa inovasinya dalam bidang teknologi. Salah satu gebrakan Google adalah mengeluarkan “Google Classroom”. Aplikasi ini dapat membantu para guru dan murid tetap terhubung meskipun belajar dari rumah.

Google Classroom ini juga telah difasilitasi dengan fitur-fitur yang bisa mempermudah pengajar ataupun siswa dalam menggunakannya. Para siswa bisa bergabung dengan kelas menggunakan kode. Selain itu, “Google Classroom” juga dapat mengundang asisten pengajar ke dalam kelas.

2. Hangouts Meet

Hangouts Meet - Aplikasi Interaktif

Google Hangout Meet bisa digunakan untuk menampung sekitar 250 orang. Selain itu, Google Hangout Meet juga dapat melakukan siaran “live streaming” hingga 100 ribu penonton. Tentunya aplikasi ini sangat cocok untuk mengakomodasi sebuah perusahaan dengan skala besar.

3. Discord

Discord - Aplikasi Interaktif

Aplikasi Discord mungkin tidak asing terdengar di telinga para gamers. Kebanyakan gamers menggunakan Discord untuk mempermudah komunikasi mereka ketika bermain “game”.

Siapa sangka Discord dapat dimanfaatkan menjadi aplikasi penunjang kerja dari rumah? Dengan fitur pesan teks, panggilan suara, dan juga panggilan video, sepertinya aplikasi ini patut untuk kamu pertimbangkan.

4. Microsoft Teams

Microsoft Teams - Aplikasi Interaktif

Microsoft sudah bisa dikatakan sebagai “developer” ternama yang sudah turut mendukung dunia perkantoran hingga saat ini. Sudah banyak sekali aplikasi dari Microsoft yang telah digunakan oleh banyak perusahaan.

Microsoft saat ini memiliki sebuah aplikasi bernama Microsoft Teams. Aplikasi Microsoft Teams sangat membantu untuk menjaga para karyawan tetap terhubung meskipun bekerja dari rumah.

Aplikasi interaktif ini dilengkapi dengan berbagai fitur seperti pesan instan, panggilan suara, panggilan video, pengiriman dokumen, dan masih banyak lagi.

5. Skype For Business

Skype sudah melanglang buana di dunia internet sejak lama. Namun, untuk pekerjaan dan keperluan bisnis, Skype telah meluncurkan Skype For Business. Fitur-fitur seperti pesan singkat, panggilan video, dan transfer file sudah pasti ada di dalamnya.

Konsepnya sama dengan Zoom di mana aplikasi interaktif ini bisa melakukan video conference dengan banyak orang. Akan tetapi, maksimal limit hanya sampai 250 orang saja.

6. Slack

Mungkin aplikasi ini sedikit asing di telinga orang awam, namun Slack cukup terkenal di kalangan pekerja lepas atau freelancer. Slack sangat mendukung untuk WFH, terlebih untuk bidang IT.

Aplikasi ini memberikan kemudahan karena terdapat banyak fitur yang terintegrasi dengan Slack seperti Dropbox, Google Docs, dan sebagainya.

Itulah beberapa aplikasi interaktif yang bisa menunjang kamu bekerja di rumah. Jadi, kamu tetap bisa terhubung dengan teman kantormu meskipun bekerja di rumah. Jadi, aplikasi interaktif mana yang sudah pernah kamu coba, sahabat digital?

bagikan artikel ini:

Read Another Post

Menu