Apa Itu Google Ads

Apa Itu Google Ads?

Apa Itu Google Ads?

Google Ads atau sering disebut juga Search Engine Marketing (SEM) adalah alat pemasaran online berupa platform iklan yang disediakan oleh Google. Google Advertising ini bisa memungkinkan anda untuk pasang target calon customer berdasarkan keyword (kata kunci), topik, waktu dan tentunya lokasi. Anda juga bisa memasang iklan tanpa khawatir karena tinggal menyesuaikan dengan berapa budget pemasaran yang anda punya.

Apa Itu Google Ads

Manfaat Google Ads

1. Trafik akan lebih cepat naik dan tertarget

Google Ads memakai perhitungan PPC (Pay per Click) untuk menghitung biaya iklan Anda dan dana beriklan Anda akan otomatis dikonversi ke pengunjung menurut harga kliknya. Contohnya, Anda beriklan dengan dana 50 ribu rupiah per hari dan tarif klik seribu rupiah per klik. Maka Anda akan memperoleh sekitar 50 klik per pengunjung yang dihitung dari 50 ribu dibagi seribu.

2. Mendapatkan pengunjung sesuai dengan yang ditarget bisnis Anda

Google ads akan menampilkan iklan kita menurut kata kunci yang dibidik. Contohnya, jika Anda memiliki usaha rental mobil dan Anda membidik target kata kunci ‘rental mobil murah di Jakarta’, maka visitor yang masuk ke situs Anda lewat Google Ads adalah mereka yang melakukan pencarian sesuai dengan kata kunci yang Anda bidik. Jadi iklan Anda nanti tidak akan dimunculkan di kata kunci yang tidak sesuai dengan yang telah Anda bidik, sehingga pengunjung pasti bisa tertarget sesuai bisnis Anda.

3. Reputasi website meningkat sesuai SEO

Optimasi SEO biasa dilakukan dengan menarget kata kunci tertentu, jadi jika Anda melakukannya maka tak perlu khawatir SEO Anda akan rusak ketika memasang iklan lewat Google Ads. Justru beriklan di Google Ads akan menguntungkan Anda karena pencarian kata kunci yang banyak dicari untuk optimasi SEO tersebut nantinya akan diinput oleh Google.

4. Meningkatkan Brand Awareness

Dengan menggunakan Google Ads otomatis akan mengangkat Brand Awareness anda, ketika pengunjung mencari kata kunci (keyword) yang anda targetkan di Google ads, maka Brand Perusahan akan langsung terlihat di mesin penelusuran.

Apa Itu Google Ads

Langkah-Langkah Beriklan di Google Ads

1. Membuat Akun Google Ads

Anda akan diminta mengisi beberapa formulir mengenai data diri, mulai dari alamat email, nama lengkap, nomor telepon, tanggal lahir, password, dan lain-lain. Ikuti saja langkahnya dan isi formulir dengan sebenar-benarnya. Jangan lupa verifikasi akun anda dulu jika sudah selesai mengisi formulir.

2. Lakukan Pembayaran

Untuk pembayaran mempunyai 2 metode, yaitu Automatic payment dan Manual Payment.

  • Automatic Payment artinya iklan Anda akan langsung berjalan dan Anda akan membayar setelah tagihan Anda mencapai sebuah limit tertentu yang diberikan oleh Google (misal Rp 300.000) atau setelah 30 hari dari pembayaran terakhir. Intinya ini seperti langganan handphone Pasca Bayar, dimana pakai dulu baru bayar. Anda perlu punya kartu kredit untuk bisa memilih pilihan ini.
  • Manual Payment artinya Anda perlu deposit atau top-up uang dulu, baru iklan Anda bisa berjalan. Jadi intinya ini seperti langganan handphone Pra Bayar, dimana bayar dulu baru bisa pakai. Untuk top up saldo, Anda bisa pakai kartu kredit atau transfer bank. Begitu saldo/deposit biaya iklan Anda habis, Google akan otomatis menghentikan iklan Anda.

3. Buat Iklan

Kalau metode pembayaran sudah diputuskan dan diisi formulirnya, selanjutnya adalah buat iklan anda! Saat pembuatan iklan di platform Google Ads langkah yang harus diikuti adalah:

  • Pilih Kampanye
  • Grup Iklan
  • Kata Kunci
  • Jalankan Iklan

Digital Finger menyediakan layanan untuk jasa pemasangan Google Ads yang siap membantu perusahaan anda untuk mendapatkan Traffic yang sesuai dengan model bisnis anda, untuk informasi lebih lengkap hubungi kami.

 

Penulis: Robiul Syahadah

bagikan artikel ini:

Read Another Post

Menu