Disruptif adalah salah satu kata yang paling sering digunakan di dunia bisnis. Tapi apa arti sebenarnya? Hal ini terkait dengan hal-hal yang mengganggu pada sebuah bisnis, bisa jadi didalam kehidupan.

Istilah “disruption” dicetuskan oleh Clayton Christensen 1997, The Innovator’s Dilemma. Di dalamnya, Christensen memperkenalkan gagasan “disruptif innovation” di dalam dunia bisnis. Ia menggunakan ungkapan ini sebagai cara untuk memikirkan perusahaan yang sukses tidak hanya memenuhi kebutuhan pelanggan saat ini, namun mengantisipasi kebutuhan mereka di masa depan. Teorinya menjelaskan bagaimana perusahaan kecil dengan sumber daya yang minim mampu memasuki pasar dan menggantikan sistem yang sudah mapan.

Artikel tersebut sebenarnya ditujukan untuk para eksekutif yang menentukan pendanaan dan pembelian disuatu perusahaan berkaitan dengan pendapatan perusahaan dimasa depan. Kemudian pada bukunya “The Innovator’s Dilemma”, Christensen memperkenalkan model Disruptif Inovasi (The Disruptive Innovation Model). Dimana kemampuan pelanggan untuk memanfaatkan sesuatu yang baru dalam satu lini. Dimana lini terendah adalah pelanggan yang cepat puas dan yang tertinggi digambarkan sebagai pelanggan yang menuntut. Distribusi pelanggan ini yang secara median nya bisa diambil sebagai garis putus-putus untuk menerapkan teknologi baru.

Inovasi disruptif (disruptif innovation) adalah inovasi yang membantu menciptakan pasar baru, mengganggu atau merusak pasar yang sudah ada, dan pada akhirnya menggantikan teknologi terdahulu tersebut. Inovasi disruptif mengembangkan suatu produk atau layanan dengan cara yang tak diduga pasar, umumnya dengan menciptakan jenis konsumen berbeda pada pasar yang baru dan menurunkan harga pada pasar yang lama.

Satu masalah dalam mengidentifikasi disruptor seringkali membutuhkan banyak waktu untuk memberi dampak. Prosesnya yang cukup panjang lebih dari berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Masalah lain yang timbul seringkali model bisnis disruptor terlihat sangat berbeda dari apa yang sudah ada, jadi sulit untuk mengidentifikasi disruptor pada tahap awal.

Namun, karena semua orang ingin meningkatkan bisnisnya, segala sesuatu yang tampaknya inovatif menjadi disruptif.

Mari kita lihat Netflix. Saat Netflix memulai bisnisnya, Blockbuster menganggapnya tidak signifikan. Blockbuster tidak melihat trend masa depan ketika customer ingin menonton film; ketika Netflix mendatangi blockbuster untuk bekerjasama dan Blockbuster menolaknya. Sebenarnya Netflix telah mulai melihat trend masa depan dari pasar Blockbuster tapi Blockbuster tidak menyadarinya. Saat ini, Netflix mendapatkan keuntungan miliaran dan Blockbuster bangkrut.

Salah satu contoh lain dari Inovasi Disruptif (disruption innovation) adalah platform berita. platform berita merupakan salah satu contoh inovasi disruptif yang merusak pasar media tradisional (cetak). Kalau dilihat, saat ini penjualan koran atau media cetak lainnya menurun, bahkan beberapa perusahaan yang memilih mengakhiri bisnisnya. Semuanya sudah beralih ke platform media digital. Sekarang malah informasi bisa didapat secara cuma-cuma lewat media digital. Makanya disebut “disruptif” atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai “mengganggu”.

Dalam dunia transportasi. Mobil ketika pertama diciptakan adalah inovasi teknologi yang revolusioner pada masa itu. Sangat mewah dan harganya sangat mahal sehingga tidak semua orang mampu membeli. Mobil tidak bisa disebut sebagai Inovasi Disruptif (disruptif innovation) untuk kendaraan karena pada saat pertama kali ditemukan belum banyak orang yang punya (belum mengganggu). Singkatnya, pada saat itu tidak mengganggu pasar untuk kendaraan yang ditarik kuda. Akan tetapi, ketika perusahaan mobil Ford membuat Ford Model T, dimana model ini dirakit dipabrik dan menggantikan buatan tangan. Sehingga harga mobil pada saat itu jadi sangat murah. Apa yang dilakukan Ford inilah yang disebut Inovasi Disruptif (disruptif innovation). Menganggu pasar yang sudah ada salah satu ciri dari Inovasi Disruptif.

 

3 Comments. Leave new

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu